Rabu, 08 Juni 2011

BELKIBOLANG

Terbangun dari suatu idealis, ingin menonton apa yang ingin mereka tonton. Menciptakan sesuatu untuk dapat memberikan sesuatu, tidak berhenti karena sudah sampai di tepi. Kumpulan Sembilan film pendek yang tidak seperti biasa dan memang luar biasa. Tak perlu banyak waktu untuk menyampaikan sesuatu jika memang itu sesuatu yang baru. BELKIBOLANG, Belok Kiri Boleh Langsung, suatu pemikiran yang sangat masuk diakal.
Terkadang kita perlu menciptakan sesuatu yang agak janggal tetapi masih dapat diterima, Belok Kiri Boleh Langsung BELKIBOLANG, sangat menginspirasi untuk kita dapat keluar dari zona aman (comfort zone) dan melakukan hal-hal yang sempat terkengkang dan biarkan sekali ini mereka terbang.
Agung Sentausa dan kawan-kawan membuat 9 cerita tentang hubungan dua manusia urban. Tentang kepercayaan, ketegangan, penipuan terselubung dan monster. Semua ada di Jakarta malam hari. Dengan scripwritter Titien Watimena yang selalu memukau di setiap cerita.

1.Payung


Sebuah pertemuan antara sang pekerja keras dan gadis kecil (ojek payung), tidak perlu banyak kata untuk menggambarkan kehangatan mereka dikala hujan sepulang kerja.
Pernakah kita hanya saling saling menggenggam tangan tanpa berkata sepatah kata pun tapi merasakan begitu banyak topik yang telah diperbincangkan?
Pernakah kita merasakan dekapan sang Ibu dan tak ada sepatah kata pun yang keluar dari mulut beliau, tapi begitu banyak kasih yang terucap dalam pelukan?
Pernakah kita saling memandang dan tiba-tiba merasakan semangat yang hangat dari seorang sahabat tanpa satu kata pun sempat teringat?
Karena sesuatu kadang hanya perlu diam, biarkan cara ini menghangatkan malam di bawah PAYUNG kala hujan sepulang kerja.

2.Percakapan Ini


Tentang hubungan, pilihan dan rasa keibuan. Berlainan dengan cerita pertama, Titin Watimena memukau penonton dengan dialog yang tak berakhir dan berawal. “Pasangan itu kayak TV, kalo ga punya berasa gimana, sekalinya punya ga pernah ditonton, kadang malah dicuri,”
Saya sangat terpukau dengan cerita yang satu ini, begitu pula dengan Kak Ditha , tak berawal tak berakhir, menghilangkan akal untuk berpikir, tak perlu mengernyitkan dahi untuk mencerna isi, biarkan percakapan mengalir, biarkan percakapan tak berakhir.

3.Mamalia


Seorang penumpang ojek berhasil menaklukan tukang ojek, tidur dalam pelukannya. Nafsu mengalahkan segalanya, kebutuhan berkuasa diatas keimanan. Berawal dari tugas mencari alamat, berujung pada suatu yang kuwalat, sang tukang ojek terbius oleh “tetek” sang gadis yang telah diolesi ramuan cinta nan memabukkan. Dua manusia urban yang sama mempunyai kebutuhan, dengan perbedaan jenis yang dibutuhkan.

4.Planet Gajah


Agak tersedak menikmati cerita ini, janji seperti ini hanya ada di dalam film. Seorang peramal melihat angka 25 dan 2010. Malam ini Nathan merayakan ulang tahunnya yang ke 25 di tahun 2010, Apa yang akan terjadi? Sang Kekasih membuat permainan, Nathan boleh bertemu dirinya jika dia janji bisa melewati usia 26. Janji diucapkan dibawah PLANET GAJAH khayalan mereka, dimana bintang hanya bisa terlihat di Jakarta bagi mereka yang mempunyai daya khayal tinggi, Planet Gajah, gugusan yang mereka lihat bersama.

5.Tokek


Weird !!!! yang tertangkap dari cerita ini, maaf ga bisa banyak berkomentar



6.Peron


Menikmati suasana peron, selalu asyik dengan dunianya sendiri, tenggelam dalam alunan musik tak membiarkan yang lain mengusik, berilusi dengan hati, menciptakan gadis dalam guratan garis. Khayalan seorang pemuda yang menunggu kereta di peron yang terlalu asyik dengan MP3 nya dan tak memperdulikan suasana sekitar, hingga datang gadis biasa dengan cara yang luar biasa menunjukkan bahwa suara peron lebih indah daripada sekedar MP3 dan headset.

7.Ella


“Kimpet” modal sang Ella untuk bertahan di Ibukota, berteman dengan sang penjual bebek bakar, yang selalu setia menemani Ella menjajakan “bebek” nya. Janji yang terucap, “Iya, saya puasa ini kan mau mudik, makasi ya bebeknya,” Bekal Ella sudah cukup untuk mudik, bekerja dari malam sampai pagi, tak merasakan kehabisan energi, dengan segala pria siap dilayani.

8.Roller Coaster


Persahabatan perlu diuji, permainan dimulai. Dua sahabat berlainan jenis dalam satu hotel, melakukan sesuatu yang di luar batas, saling melucuti pakaian dalam keadaan tertutup, dan dalam hitungan ketiga boleh buka mata. Bermula dari degup jantung layaknya ROLLER COASTER , berakhir anti klimaks, ketulusan persahabatan terbukti, siapakah yang tidak membuka mata?? Tidak tega melihat tubuh telanjang sahabatnya??

9.Full Moon


Sang Suami ingin menggugat cerai istrinya di malam tahun baru, seorang tukang supir yang mengalah mengajak istrinya dalam taksinya, saat dia berusaha keras mencari nafkah. Niat sudah bulat, “Aku ingin cerai!!” kata itu yang terucap saat kembang api mulai diluncurkan, sang istri tak mengindahkan. Saat bulan bulat sempurna, dengan suara bulat, “Mas, saya duduk di belakang saja, saya hanya penumpang sekarang”

10 comments:

pagi2buta mengatakan...

nonton dimana? nonton dimana?

REPYSSA mengatakan...

@amel di DKJ, Kineforum, TIM mel, setiap bulan ada film2 baru

dhew dhew mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
dhew dhew mengatakan...

kadang suka ngikutin gaya pemeran cewek di PERON :D

idjoeL a.k.a ditHa mengatakan...

salut buat titen watimena,dkk..
ga bosen deh buat nonton belkibolang lagi..
masih penasaran dg ide awal "percakapan ini"...

REPYSSA mengatakan...

@ k dhew dhew : hihihi, berarti godain mas2 yg suka dengerin MP3 di peron?? hahaha (damai)

@ k ditha pake H : rere udah suka sama karya titien watimena sejak Mengejar Matahari "Hari ini berawal bukan sejak gue membuka mata td pagi, tapi jauh sebelum itu,"

astra-sima mengatakan...

Indah. Kehidupan rutinitas yang sepele kadang memang tak kita perhatikan, padahal khidupan kita bemakna berawal dari hal yang kecil. Hey, kalian para manusia urban, Indah ya dunia itu.

REPYSSA mengatakan...

@astrasima : sesuatu yg besar berawal dari yang kecil, karena bahagia itu sederhana

Amela mengatakan...

aaaah, pingin :3

REPYSSA mengatakan...

@amel dtg aja ke DKJ mel,