Partisipasi Turnamen Foto Perjalanan 20 : Tari Paraga


Dengan tuan rumah mas yoesrianto , Turnamen Foto Perjalanan ronde 20 kali ini mengangkat tema Festival / Tarian. Tema ini dipilih karena dalam melakukan perjalanan, kita pasti bertemu dengan moment festival/tarian yang unik dari satu daerah/wilayah. Dan memang saya menemukan moment festival yang unik dengan pertunjukkan Tari Paraga dari Makassar. 

Saya katakan unik karena Tari Paraga ini ditampilkan saat perayaan Cap Go Meh Tahun 2012 di Chinatown Makassar. Sebuah akulturasi budaya yang indah, Cap Go Meh yang identik dengan etnis Tionghoa dan Tari Paraga dari Makassar berpadu syahdu dalam kerukunan budaya bangsa.

Tari Paraga dimainkan oleh 6 pemuda yang memakai pakaian adat passapu' dan bola rotan takraw yang menjadi media dari tarian ini. Para penari saling memanggul dan menendang-nendang bola takraw tersebut dari kaki penari yang satu ke penari lainnya. Atraksi ini sangat menarik perhatian penonton, keseimbangan penari dan gerakan yang tak diduga-duga menambah apiknya tarian ini.





Tari Paraga saat perayaan Cap Go Meh


Saya mengambil foto di atas saat saya menghadiri festival Cap Go Meh di Chinatown Makassar tahun 2012, decak kagum mulai terlihat dari penonton yang hadir, biasanya Cap Go Meh dihiasi dengan tarian Barongsai, tapi kali ini berbeda. Secara tiba-tiba terdengar iringan gendang Makassar dari kejauhan, dan terlihat 6 pemuda berbaju merah siap unjuk kebolehan menarikan Tari Paraga. Akulturasi budaya yang indah.


  Foto ini saya ikutkan dalam turnamen foto perjalanan ronde 20 dengan tema : Festival/Tarian.



Untuk blogger yang penasaran seperti apa tari paraga, berikut dapat disimak video di bawah ini:




Komentar

tjuandha mengatakan…
Keren paraga nya bro, normal ji saya liat video ta di sini, asal kita embedded ji dari youtube, Insya Allah bagus ji.
Joogja Circles mengatakan…
Keren tariannya, itu apa yang seperti bola...
REPYSSA mengatakan…
@ tjuanda thx bro, iya video nya kalo lihat versi web bisa, tapi kalo temen2 gw lihat lewat mobile katanya link videonya kga muncul
REPYSSA mengatakan…
@joogja circles iya saya juga takjub lihat tarian paraga, itu bola rotan takraw, sama kayak di olahraga sepak takraw,,

Postingan Populer