Mataram Premium, kereta ekonomi rasa eksekutif.

Pernah merasakan kereta ekonomi rasa eksekutif? Hal ini saya alami pada saat mudik menggunakan kereta api Mataram Premium jurusan lempuyangan (Jogja)  - pasar senen (Jakarta). PT KAI menghadirkan kereta tambahan ekonomi premium saat mudik lebaran. Hal ini bertujuan untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat Indonesia akan moda transportasi yang nyaman, aman dan tepat waktu. 

Tampilan interior KA Mataram Premium

Saya memilih kereta Mataram Premium karena  tiket kereta api jadwal reguler untuk lebaran sudah habis terjual. Diluar dugaan, kereta ekonomi yang saya naiki merupakan salah satu wujud transformasi PT KAI menjadi penyedia layanan transportasi yang lebih baik.


Adapun kereta-kereta premium lainnya yang diluncurkan oleh PT KAI sebagai berikut: 
1. KA Mataram Premium (Pasar Senen-Lempuyangan) : - Jam Berangkat: 21.15 WIB - Jam Datang: 05. 17 (Mulai beroperasi 15 Juni)
2. KA Mataram Premium (Lempuyangan-Pasar Senen) : - Jam Berangkat: 08.20 WIB - Jam Datang: 16.54 WIB (Mulai beroperasi 15 Juni)
3. KA Gayabaru Malam Selatan Premium (Pasar Senen-Surabaya Gubeng) : - Jam Berangkat: 13.20 WIB - Jam Datang: 03.47 WIB (Mulai beroperasi 15 Juni)
4. KA Gayabaru Malam Selatan Premium (Surabaya Gubeng-Pasar Senen) : - Jam Berangkat: 15.00 WIB - Jam Datang: 05.30 WIB (Mulai beroperasi 15 Juni)
5. KA Tawangjaya Premium (Pasar Senen-Semarang Poncol) : - Jam Berangkat: 10. 45 WIB - Jam Datang: 17.47 WIB (Mulai beroperasi 20 Juni)
6. KA Tawangjaya Premium (Semarang Poncol-Pasar Senen) - Jam Berangkat: 23.05 WIB - Jam Datang: 06. 33 (Mulai beroperasi 20 Juni)
7. KA Mantab Premium (Madiun-Pasar Senen) - Jam Berangkat: 19.50 WIB - Jam Datang: 06.48 WIB (Mulai beroperasi 15 Juni) 
8. KA Mantab Premium (Pasar Senen-Madiun) - Jam Berangkat: 22.35 WIB - Jam Datang: 09.30 WIB (Mulai beroperasi 15 Juni)
Tampilan eksterior kereta api ekonomi mataram premium hampir menyerupai kereta eksekutif pada umumnya. 

Tampilan Eksterior KA Mataram Premium

Masuk ke desain interior. Kereta Ekonomi Mataram Premium mengingatkan saya kepada kereta pengganti senja utama jogja. Dahulu kereta senja utama jogja, pernah mendapatkan kritik dari penumpang setianya. Pasalnya, jarak tempat duduk yang terlalu sempit membuat penumpang tidak nyaman. 


PT KAI menanggapi kritik tersebut dengan melakukan koreksi terhadap gerbong -gerbong kereta barunya. Salah satu wujud dari pembenahan ini adalah kereta api mataram premium.

Tampilan Toilet KA Mataram Premium


Kereta api mataram premium mengusung konsep kereta ekonomi dengan pelayanan premium. Pelayanan yang tidak didapatkan pada kereta ekonomi pada umumnya. Bermula dari tempat duduk yang dapat diatur kemiringannya (reclining seat), monitor KAI multimedia,  toilet duduk, lampu baca, kamera pengaman cctv, hingga kabin tempat tas yang lebih luas daripada kereta ekonomi biasanya.

Masuk ke gerbong kereta api mataram premium berasa masuk ke cabin pesawat kelas ekonomi. Di setiap kursi disediakan flyer safety instruction layaknya di pesawat-pesawat. Bedanya, di kereta ini tidak ada peragaan safety instruction oleh prami dan prama seperti yang dilakukan di pesawat (ya kalau dipikir-pikir memang terlalu berlebihan hahaha)

Safety Instruction KA, ada di setiap tempat duduk



PT KAI memang melakukan banyak transformasi untuk menjadi lebih baik. PT KAI melakukan branding sebagai penyedia transportasi yang modern, nyaman, tepat waktu dan bebas macet. Ya, bebas macet merupakan salah satu competitive advantage yang dimiliki oleh PT KAI. Mempunyai jalur transportasi tersendiri,  membuat PT KAI lebih leluasa mengatur jadwal dan terhindar dari macet apabila public traffic sedang tinggi (saat lebaran misalnya)
Kembali ke Kereta Api Mataram Premium. Di setiap gerbong disediakan 3 monitor KAI multimedia yang dapat dinikmati penumpang. KAI multimedia menampilkan iklan-iklan layanan masyarakat yang dilakukan oleh PT KAI. Salah satu iklan yang menarik adalah PT KAI mencoba memanfaatkan digital marketing untuk program transformasi kelembagaannya.


KAI Multimedia di setiapgerbong


Contoh iklannya seperti ini........




Di iklan tersebut, ditampilkan sekumpulan anak muda sedang menikmati perjalanan menggunakan kereta dan mengupdatenya ke media sosial mereka. Dengan iklan itu diputar-putar berulang kali, masyarakat akan tahu fasilitas-fasilitas unggulan apa saja yang dimiliki oleh PT KAI. Anak muda yang menjadi sasaran digital marketing PT KAI akan berbagi pengalaman menyenangkan menggunakan kereta di media sosialnya. Menurut saya hal ini berhasil dilakukan. Banyak update-update positif di media sosial tentang PT KAI.  


Pengalaman menyenangkan menggunakan transportasi kereta api mataram premium mendorong saya untuk berbagi kisahnya melalui blog ini. Terima kasih PT KAI,  terus bertansformasi lebih baik lagi, karena BUMN hadir untuk negeri.

Komentar

Postingan Populer